Politeknik NSC Surabaya | Apa Itu Program Studi Perhotelan

Politeknik NSC Surabaya | Apa Itu Program Studi Perhotelan.

Assalamualaikum wr wb, nama saya Yuniawati Ekaningrum, SE, M.Sc, Ketua Program Studi Perhotelan di Politeknik NSC Surabaya. Selaku Ketua Program Studi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya ingin menjelaskan tentang program studi perhotelan.

Bagaimana Visi dan Misi Program Studi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya?

Visi program studi perhotelan adalah menjadi mitra utama bisnis dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing global di bidang perhotelan.

Misi progran studi perhotelan:
1. Menyelenggarkan pendidikan program diploma tiga perhotelan yang mengacu pada standar kompetensi dan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri khususnya perhotelan
2. Menjalin kerjasama dengan stake holder dalam pemenuhan sumber daya manusia profesi yang kompeten dan memiliki attitude yang unggul di bidang perhotelan

Apa itu program studi perhotelan?
Program studi perhotelan yang ada di Politeknik NSC Surabaya memberikan semua materi yang berkaitan dengan perhotelan, semisal front office (kantor depan), food and beverage service, food product, pastry bakery, danhousekeeping (tata graha). Kita memiliki laboratorium hotel sendiri yang digunakan mahasiswa Politeknik NSC Surabaya khususnya program studi perhotelan untuk melakukan kegiatan praktik yang berkaitan dengan hotel. Kami memberikan juga materi tambahan di program studi perhotelan seperti entrepeneurship dan interpersonal skill, yang semuanya terangkum dalam struktur kurikulum program studi perhotelan Politeknik NSC Surabaya. Bobot yang kami berikan di program studi perhotelan adalah 60% praktik dan 40% teori. Sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) bahwa lulusan diploma tiga menghantarkan mahasiswa untuk ke jenjang supervisor atau level 5, maka kami juga memberikan materi yang berkaitan dengan level 5, seperti yang saya sebutkan tadi misal interpersonal skill dan manajemen. Harapan kami adalah apa yang menjadi tuntutan dunia usaha dan dunia industri akan tercapai dengan level 5 atau supervisor.
Pembelajaran program studi perhotelan di Politeknik NSC Surabaya, perkuliahan bisa pagi bisa malam untuk mengakomodir mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, apabila mahasiswa kerja pagi mereka bisa mengikuti perkuliahan di waktu sore hari dari pukul 6 sampai pukul 10 malam. Begitu pula bagi mahasiswa yang masuk kerjanya malam, mereka bisa mengikuti perkuliahan di pagi hari yang dimulai dari pukul 8 sampai pukul 12. Total sks yang ada di program studi perhotelan adalan 110 sks.

Bagaimana dengan laboratorium perhotelan?


Laboratorium sebagai tempat praktik mahasiswa program studi perhotelan Politeknik NSC Surabaya, sudah kami miliki sendiri, khususnya adalah lab yang berkaitan dengan program studi perhotelan, contoh kita memiliki laboratorium kitchen dimana di situ bisa dipakai mahasiswa untuk mempraktikkan mata kuliah food and beverage product, kemudian mata kuliah pastry and bakery. Selanjutnya kita memiliki juga restoran di lab kita, yang dipergunakan mahasiswa untuk melakukan praktik yang berkaitan dengan mata kuliah food and beverage service, di situ mereka bisa mempraktekkan set up table, folding napkin, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan restoran, begitu juga dengan bar. Program studi perhotelan di Politeknik NSC Surabaya memberikan materi bar ini lebih fokus kepada mocktail yaitu mencampur minuman yang non alkohol ditambah dengan barista membuat kopi. Kemudian ada lab yang berkaitan dengan front office, dimana di situ ada front desk yang dipakai untuk resepsionis, kemudian ada juga laboratorium yang berkaitan dengan house keeping atau tata graha, dimana kita memiliki room sebagai tempat praktik mahasiswa untuk melakukan kegiatan making bed, kemudian make up room, dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan dosen pengajar program studi perhotelan?


Untuk menghasilkan lulusan program studi perhotelan, kami dalam prosesnya tidak lepas dari peran dosen pengajar. Di program studi perhotelan, saya selaku ketua program studi, membuat kolabarosi khususnya untuk mata kuliah yang berkaitan dengan hotel. Saya mengkolaborasi dosen akademisi dengan  praktisi, harapannya saling menunjang sehingga lulusan yang kami harapkan, lulusan yang diharapkan semua stake holder itu akan terpenuhi. Materi yang kita berikan selalu up to date, dosen selalu dituntut untuk membuat inovasi-inovasi dalam hal teknik pembelajaran, dan kita mengikuti perkembangan jaman. Kita merubah media dan teknik pembelajaran supaya mahasiswa merasa nyaman dalam melakukan kegiatan perkuliahan di Politeknik NSC Surabaya.

Saya selaku ketua program studi juga memberikan arahan kepada dosen pengajar untuk membuat senyaman mungkin dalam proses belajar mengajar, karena apa, di sini lebih banyak praktik daripada teori, terutama bagi mahasiswa yang sudah bekerja. Kami mengharapkan mereka untuk bisa nyaman kuliah sehingga tidak terjadi pengurangan dalam jumlah mahasiswa karena mereka merasa mendapatkan kampus yang nyaman, kemudian penyampain materi dari dosen yang mengajar juga nyaman, dan semuanya memberikan service yang baik kepada mahasiswa.

Demikian informasi dari program studi perhotelan yang bisa saya sampaikan.
Wassalamualaikum wr wb.

yuni

 

Yuniawati Ekaningrum, SE, M.Sc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s