Politeknik NSC Surabaya | Bisakah Kerja Sambil Kuliah?…Sangat Bisa!

Politeknik NSC Surabaya | Bisakah Kerja Sambil Kuliah?…Sangat Bisa!.

Kampus Politeknik NSC Surabaya sebagai perguruan tinggi swasta yang menyelenggarakan pendidikan jenjang program Diploma Tiga (D3) Program Studi Teknik Komputer, Perhotelan, Administrasi Niaga, dan Akuntansi memfasilitasi lulusan SMA/SMK/MA untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekaligus memfasilitasi masyarakat yang ingin bekerja sambil kuliah.

Dalam usaha untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, Kampus Politeknik NSC Surabaya memfasilitasi lulusan SMA/SMK/MA yang belum bekerja untuk memperoleh pekerjaan sebelum mengikuti kuliah.  Setelah bekerja, diharapkan lulusan SMA/SMK/MA tersebut dapat memperoleh penghasilan untuk membiayai hidupnya, kuliah, dan bahkan dapat membantu keluarga.

Sistem perkuliahan di Kampus Politeknik NSC Surabaya telah dibuat fleksibel untuk mahasiswa/i yang bekerja sambil kuliah. Waktu perkuliahan bisa dipilih ingin kuliah pagi atau kuliah malam. Waktu perkuliahan yang fleksibel ini dapat dimanfaatkan pula bagi karyawan perusahaan yang menggunakan shift kerja sehingga diharapkan kerja dan kuliah dapat berjalan lancar.

Sebagian besar mahasiswa Kampus Politeknik NSC Surabaya merupakan mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Tentunya sangat tidak mudah untuk melaksanakan kegiatan kuliah sambil bekerja kecuali bagi mahasiswa yang memiliki motivasi dan tekad yang kuat untuk berhasil, baik dalam pendidikannya maupun dalam pekerjaannya. Kunci untuk bisa bekerja sambil kuliah dengan baik diantaranya adalah:

  1. Mampu mengelola waktu (time management) dengan cerdas
  2. Menjaga kesehatan fisik dan psikis
  3. Memilih gaya hidup yang sesuai

Pengelolaan waktu yang cerdas merupakan hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa yang bekerja sambil kuliah. Inti dari pengelolaan waktu yang cerdas adalah kita harus mengetahui dan bisa memilah-milah aktivitas-aktivitas berdasarkan kriteria-kriteria sebagai berikut:

  • Apakah aktivitas yang kita lakukan itu PENTING dan URGENT
  • Apakah aktivitas yang kita lakukan itu PENTING namun TIDAK URGENT
  • Apakah aktivitas yang kita lakukan itu URGENT namun TIDAK PENTING
  • Apakah aktivitas yang kita lakukan itu TIDAK URGENT dan TIDAK PENTING

Setelah kita inventarisir segala aktivitas harian kita berdasarkan kriteria di atas, maka kita dapat memprioritaskan terlebih dahulu untuk mengerjakan aktivitas berdasarkan tingkat ke-PENTING-an dan ke-URGENT-annya. Penentuan tingkat ke-PENTING-an dan ke-URGENT-an tentunya sangat tergantung pada diri kita masing-masing.

Hal kedua yang harus kita perhatikan adalah kesehatan fisik dan mental. Kesehatan fisik sangat dipengaruhi oleh pola makan yang bergizi dan pola istirahat yang cukup. Pola makan makanan yang sehat sangat mempengaruhi daya tahan tubuh terutama untuk mengantisipasi perubahan cuaca yang dapat mempengaruhi kesehatan kita, semangat kerja, dan lain-lain. Begitu pula istirahat yang cukup akan sangat berguna bagi tubuh untuk melakukan recovery setelah seharian melakukan aktivitas kerja dan kuliah. Kesehatan psikis juga harus dijaga agar motivasi untuk berprestasi di tempat kerja dan kampus bisa seiring dan sejalan. Ketaatan dalam menjalankan perintah agama merupakan hal yang pokok dalam menghasilkan psikis yang sehat.

Gaya hidup masyarakat yang cenderung konsumtif merupakan gaya hidup yang perlu dieliminir. Sebaiknya pendapatan yang kita peroleh digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat misalnya untuk menunjang kelancaran bekerja, kelancaran kuliah, dan mungkin juga untuk hal-hal bermanfaat lainnya. Konsumsi barang sebaiknya didasarkan pada kebutuhan bukan berdasarkan keinginan karena keinginan itu tidak ada batasnya. Bagi mahasiswa yang bekerja sambil kuliah harus pandai mengontrol pengeluarannya, mana yang bersifat kebutuhan dan mana yang bersifat keinginan.

Mudah-mudahan dengan selalu mengingat ketiga hal di atas maka KITA BISA berprestasi di tempat kerja dan kampus. YES WE CAN.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s