Pertumbuhan Bisnis Hotel di Indonesia

 BISNIS industri perhotelan di Tanah Air masih menjanjikan dan mengiurkan. Pertumbuhannya diprediksi bakal meningkat hingga tiga kali lipat di tahun ini.

Pada 2012 lalu terdapat 15,3 ribu hotel di seluruh Indonesia. Menurut Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Yanti Sukamdani, pesatnya jumlah pertumbuhan hotel di Indonesia disebabkan kunjungan wisatawan ke Tanah Air terus meningkat, baik wisatawan lokal maupun asing.

“Dari survei yang dilakukan Horwarth HTL aktivitas traffic turis domestik dan mancanegara, khususnya Asia Pasifik setiap tahun mengalami kenaikan sembilan hingga 13 persen. Kami memprediksi jumlah hotel pada tahun ini akan meningkat hingga tiga kali lipatnya, akan ada 50 ribu kamar hotel baru dari berbagai kelas,” urai Yanti dalam keterangan resminya, Senin (25/3/2013).

Dijelaskannya bahwa investasi untuk satu kamar hotel bintang empat sekitar 100 ribu sampai 150 ribu dollar AS tergantung dari fasilitas yang diberikan.
Sedangkan untuk satu kamar hotel bintang tiga sekitar 75 ribu sampai 100 ribu dollar AS. Untuk budget hotel yang non bintang mencapai 250 hingga 400 juta rupiah.

“Tahun ini penambahan hotel baru, kebanyakan dari hotel berbintang tiga dan lima, dengan lokasi terbanyak di Jakarta, Bandung, Bali dan Balikpapan,” kata Yanti.

Sumber : Pertumbuhan Bisnis Hotel 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s