Penggolongan Biaya/Beban BPR

Biaya Keuangan
Biaya keuangan adalah semua biaya yang terjadi pada BPR dalam melaksanakan fungsi keuangan (penghimpunan dana). Contoh beban bunga, beban promosi dana.
Biaya Non Keuangan
Biaya keuangan adalah semua biaya yang terjadi pada BPR dalam melaksanakan fungsinya diluar fungsi penghimpunan dana. Contoh beban penyusutan, beban personalia, dll.
Definisi Biaya Tetap
Biaya tetap adalah biaya jumlahnya totalnya tetap konstan tidak dipengaruhi oleh perubahan volum kegiatan/aktivitas sampai dengan tingkatan tertentu. Contoh-contoh biaya tetap adalah sewa peralatan, biaya kegunaan, dan biaya penelitian dan pengembangan. Analisis titik impas, merupakan alat yang menentukan besarnya volume produk yang harus dijual oleh perusahaan agar mencapai titik impas, dalam perhitungannya harus membedakan antara biaya tetap dan biaya variabel.
Definisi Biaya Variabel
Biaya adalah biaya yang jumlah totalnya akan berubah secara proporsional dengan perubahan volume kegiatan atau aktivitas, semakin tinggi aktivitas semakin tinggi total biaya variabel, semakin rendah aktivitas semakin rendah total biaya variabel. Satu pos biaya akan berubah seiring dengan perubahan kegiatan bisnis untuk suatu periode laporan tertentu pada BPR adalah biaya bunga atas dana yang dihimpun.
Biaya Langsung
Biaya langsung adalah biaya yang terjadinya atau manfaatnya dapat diidentifikasikan kepada obyek atau pusat biaya tertentu. Secara umum biaya langsung merupakan biaya variabel pada obyek atau pusat biaya tertentu.
Biaya Tidak Langsung
Biaya langsung adalah biaya yang terjadinya atau manfaatnya tidak dapat diidentifikasikan kepada obyek atau pusat biaya tertentu atau biaya yang manfaatnya dinikmati oleh beberapa obyek atau pusat biaya.
Pengeluaran Modal (Capital Expenditure)
Pengeluaran modal/biaya modal adalah pengeluaran/biaya yang akan memberikan manfaat pada beberapa periode akuntansi atau akan memberikan mafaat pada periode akuntasi yang akan datang. Contoh adalah biaya perolehan aktiva tetap. Pada saat terjadinya pengeluaran ini dikavitalisasi sebagai aktiva.
Pengeluaran Pendapatan (Revenues Expenditure)

Pengeluaran pendapatanl/biaya pendapatan adalah pengeluaran/biaya yang akan memberikan manfaat hanya pada akuntansi dimana pengeluaran itu terjadi. Umumnya pada saat terjadinya Iangsung diperlakukan sebagai beban tidak dikavitalisasi sebagai aktiva..
Biaya Operasional Lain:
Biaya operasional lain adalah biaya sehubungan dengan kegiatan/operasi utama dari bank yang tidak termasuk biaya dana dan biaya overhead
Contoh: Pajak bukan PPh, perawatan dan perbaikan, barang dan jasa lain.
Biaya Non-Operasional:
Biaya non-operasional adalah biaya yang timbul dari kegiatan yang bersifat insidentil dan bukan akibat dari kegiatan utama (operasional) bank.
Contoh: Kerugian yang diderita dari penjualan aktiva.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s